Menkes RI Kunjungi Pengungsi Gunung Rokatenda di Ropa Kec. Maurole - Dinkes Ende
Berita Dinkes :
>
http://picasion.com/i/1UiAC/
Diberdayakan oleh Blogger.
width="468" height="64" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" allowscriptaccess="sameDomain" />
Home » » Menkes RI Kunjungi Pengungsi Gunung Rokatenda di Ropa Kec. Maurole

Menkes RI Kunjungi Pengungsi Gunung Rokatenda di Ropa Kec. Maurole

Menteri Kesehatan RI, dr Nafsiah Mboi, SpA, MPH Jumad 06 September 2013 Mengunjungi Pengungsi Gunung Rokatenda di Desa Uludala Kec. Maurole. 

Kaliini Menkes Nafsiah Boi didampingi Suaminya mantan Gubernur NTT dr.Ben Boi dan Kepala Penanggulangan Krisis Kesehatan Depkes RI serta Rombongan Depkes RI. 

Rombongan Menkes di terima Oleh Asisten III yang sekarang PLT Sekda Ende Damai Sebastianus dan drg. Dominikus Minggu, M.Kes Mantan Sekda Ende dan Mantan Kadis Kesehatan Kab. Ende, dr, Yayik Pragati,Spm Kadis Kesehatan Kab. Ende serta Para Camat se Kabupaten Ende dan Kepala SKPD beserta para undangan dan pengungsi di Desa Uludala Kec. Maurole dengan Pengalungan Selendang kepada Menkes, dr. Ben Boi dan Bupati Sikka Drs. Ansar Rera dengan seremonial Adat oleh Mosalaki dan diarak dengan Tarian oleh ibu-ibu yang diiringi dengan gendang dan nggowani.

Plt. Sekda Ende Damai Sebastianus dalam laporannya mengatakan bahwa semua pengungsi yang mengungsi ke desa Ulu Dala Kecamatan Maurole diterima dan ditangani oleh Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, desa dan Warga Masyarakat setempat dengan memberikan bantuan kepada sesama saudara yang mengalami musibah letusan Gunung Rokatenda.

Dalam Kesempatan yang sama Bupati Sikka Drs. Ansar Rera mengatakan bahwa Pemerintah kabupaten Sikka telah menyiapkan tempat dan lahan untuk para pengungsi. dan bupati Ansar mengharapkan untuk 3 desa yang terletak persis di bawah gunung rokatenda untuk tidak kembali lagi ke desanya karena resikonya sangat tinggi untu keamanan, maka kalau warganya yang ingin kembali ketempatnya supaya di buat surat pernyataan.

Menteri Kesehatan RI dr Nafsiah Mboi, SpA, MPH berdialog akrab dengan seorang ibu pengunggsi dengan mengatakan apa yang ibu butuhkan? seorang ibu pengungsi mengatakan kami butuh air bersih, MCK dan Tempat Pelayanan Kesehatan, sambil memeluk memkes menanyakan berapa umur ibu? 72 Tahun sambil tersenyum memkes mengatakan umur saya sudah 74 tahun,berarti saya lebih tuakan.

Menkes dr. Nafsiah berharap kepada pemerintah Kabupaten Ende dan Kabupaten Sikka dapat memfasilitasi Warga pengungsi untuk dapat mententukan pilihannya apakah akan menetap di wilayah kab. Ende atau Sikka, Departemen Kesehatan akan melengkapi fasilitas yang diharapkan yaitu Tempat Pelayanan Kesehatan di Lengkapi dengan fasilitas Rawat Inap dan lainnya kata dr, Nafsiah. Menkes memberikan bantuan kepada pengungsi Gunung Rokatenda secara simbolis yang diterima oleh 6 kk yang mewakili pengungsi berupa pakaian dan obat-obatan.

Sebelum kembali ke Kabupaten Sikka Menkes menari bersama warga pengungi, melanjutkan peninjauan ke Puskesmas Rawat Inap Maurole dan makan malam di kecamatan Kotabaru(Pag-DKE).
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Dinkes Ende Website | PAG Template | LPG Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dinkes Ende - All Rights Reserved
Original Design by Dinkes Website Modified by PAG